-->

Wartawan Bertemu Korban Tsunami Setelah 10 Tahun

Wartawan BBC Andrew Harding kembali ke Aceh setelah 10 tahun bencana tsunami dan bertemu lagi anak korban tsunami Mawardah Priyanka.



Sulit untuk mengenali Lhok Nga

Pohon pohon telah tumbuh kembali. Saat dilihat dari jalan, desa kecil itu seperti tersembunyi di balik tirai tebal berwarna hijau.Ketika kami menghentikan kendaraan di daerah pinggiran, saya berdiri di tepi jalan di atas bukit sembari mencari wajah yang saya kenali dan memikirkan betapa banyak perubahan yang terjadi.Sepuluh tahun yang lalu, saya ingat situasinya sangat berbeda.Beberapa hari setelah tsunami ketika semuanya rata dari sini Anda dapat melihat ke segala arah termasuk laut, yang berjarak sekitar dua kilometer di bagian barat dan juga ibu kota Banda Aceh.Lumpur, puing, serta kesengsaraan ada di mana mana. Para relawan mulai mencari jenazah, dan ratusan mayat terbaring di jalanan.

Reuni yang sangat mengharukan

Di tenda darurat pengungsi yang didirikan dekat masjid, saya pertama kali bertemu dengan Mawardah Priyanka. Saat itu dia berusia 11 tahun, kelelahan, sangat kotor, dan sendirian.Kedua orangtuanya meninggal karena gelombang tsunami yang diperkirakan setinggi 35 meter menimpa rumah mereka di desa di pesisir Lampuuk.Beberapa hari kemudian dia menemukan kakaknya, Mutiyah, 16 tahun, masih hidup.

Permukiman yang dibangun dengan bantuan asing di Lhoknga Aceh

Dalam beberapa bulan selanjutnya, saya tetap saling berkabar dengan dua bersaudara tersebut selagi mereka pindah ke tenda pengungsian, lalu ke tenda mereka sendiri, dan kemudian ke rumah baru yang dibangun oleh lembaga amal Oxfam.Mawardah kembali ke sekolah. Adapun Mutiyah menikah dan pindah.Kakak mereka yang lebih tua, Ita, pindah ke rumah mereka di Lhoknga.Tetapi, selama delapan tahun, saya kehilangan kontak mereka.

Sulit bagi saya untuk menentukan arah ketika saya berjalan di tempat yang dulu sangat berlumpur. Sekarang di tempat itu ada jalan raya, dengan jembatan baru di atas sungai kecil.Di sebelah kanan, saya melihat bangunan rumah sangat sederhana, berdinding kayu dan beratap seng.Seseorang berteriak bahwa ada orang asing datang, dan tiba tiba sosok yang tinggi dengan berseri seri dengan tergesa gesa keluar dari rumah.

Reuni yang membahagiakan, mengharukan dan sempat beberapa saat janggal bagi kami berdua.Saya melihat bagaimana sosok Mawardah kecil telah berubah tentu bertambah tinggi dan betapa kehadiran saya berarti bagi dia dan bagi saudarinya Mutiyah yang tiba dari daerah lain, dua hari kemudian.Saya merasa bersalah karena tidak berupaya dengan sungguh sungguh untuk mengontak mereka kembali ketika jaringan asing mulai meninggalkan provinsi itu.

"Tidak ada yang peduli terhadap saya tidak ada yang mencintai saya seperti orangtua saya," kata Mawardah sambil menangis keesokan harinya.Tsunami menghancurkan jejak orangtuanya tidak tersisa foto ibu atau ayahnya.Sedangkan Ita harus menghidupi keluarga, seringkali meninggalkan Mawardah sendirian.

Rumah yang kosong

Tetapi kemudian, tampak jelas bahwa bencana yang menyapu kehidupan Mawardah, juga berdampak positif.Pada usia 21 tahun, dia menjadi sosok perempuan muda yang percaya diri, cerdas dan berambisi.
Dia meraih sejumlah beasiswa dari perusahaan semen lokal (yang dibangun kembali setelah tsunami) dan kuliah jurusan bahasa Inggris di sebuah perguruan tinggi swasta di Banda Aceh.Selama dua hari, kami mengobrol di rumah kecilnya, berkunjung ke sekolah dan makan siang dengan teman teman dekatnya, saya belajar lebih banyak tentang cobaan dan komplesitas hidupnya, dan itu membawa saya memahami bahwa pengalaman Mawardah merupakan cerminan keadaan di Aceh dalam satu dekade setelah tsunami.Di sana pertama kali dibangun bola tangkas rumah satu dari 140.000 unit yang dibangun dengan bantuan dana internasional sebanyak US$7trilliun untuk Aceh.

Rumah Marwadah dibangun dengan cepat dan atapnya tampak bocor, tembok tipis. Dan saya ingat sejumlah pertengkaran yang tidak pantas di awal masa pembangunan rumah rumah untuk para korban tsunami yaitu mengenai keluarga mana yang akan memiliki hak atas rumah.Tetapi, bangunan itu akhirnya sesuai dengan peruntukannya, dan keluarga kemudian mengakui bahwa rumah mereka lebih baikdibandingkan yang mereka miliki sebelum 2004.

Di tempat lain, banyak rumah tidak ditempati bangunan itu dibangun di tengah kebingungan karenakoordinasi yang buruk, dan seringkali bersaing antar lembaga bantuan, memiliki banyak uang dan terkadang lebih memikirkan menghabiskannya dengan cepat dibandingkan mengetahui keinginan komunitas lokal."Saya memberikan (skor untuk) upaya bantuan 65 (dari 100)," kata Muslahuddin Daud, seorang pejabat Bank Dunia yang hampir terkena tsunami."Banyak yang tidak sempurna. Untuk US$7trilliun kami dapat
melakukannya lebih baik dengan banyak cara. Banyak rumah rumah kosong... berlebihan. Kami memiliki lebih dari 500 organisasi bantuan dan... banyak yang tumpang tindih."Dan banyak uang bantuan asing dalam jangka panjang membuat orang jadi bergantung dan mereka jadi malas. Pertumbuhan di Aceh masih mandeg kemampuan untuk mengelola sumber daya tidak ada," kata Daud.

'Perempuan yang kuat'

Sebelum tsunami, Aceh bergulat dengan kekerasan akibat pemberontakan. Meski masih berusia 11 tahun, Mawardah ingat kondisi tersebut berdampak pada semua orang, ketakutan, jalanan ditutup dan bentrokan yang terjadi di desa desa.Tetapi bencana kemudian membawa pembicaraan damai, dan saat ini provinsi ini terus mendapatkan manfaat dari kesepakatan otonomi yang mengakhiri konflik.Pemerintahan baru telah menerapkan elemen hukum Syariah yang didukung banyak warga termasuk Marwadah.

Mawardah bercita cita menjadi wartawan setelah mendapat beasiswa kuliah ke Amerika Serikat.

Tetapi kritik mengatakan sejumlah hukuman tersebut mencederai hak asasi manusia. Meski jumlah investor asing yang meningkat, provinsi ini masih termasuk lambat dalam pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia."Kami menyukai Syariah dan saya merupakan seorang Muslim yang taat," kata Mawardah.Meski demikian, dia mengaku yakin bahwa petugas polisi Syariah seringkali bersikap "munafik".Suatu sore, kami mampir di kampus Mawardah di Banda Aceh tempat dia berlatih Thai kickboxing dengan sekelompok mahasiswa dan mahasiswa.

"Dia mahasiswi yang bagus. Dia bekerja dan belajar dengan keras. Sebagai seorang perempuan, dia memiliki semangat seperti pria. Dia kuat. Dia tidak mudah menyerah," kata guru bahasa Inggrisnya Maulizan Za.
Dia khawatir mengenai inflasi, tetapi seperti banyak orang yang saya tanyai mereka yakin bahwa hidup mereka lebih baik dan aman dibandingkan  bola tangkas sebelum tsunami."Teman saya merupakan keluarga saya sekarang," kata Mawardah, setelah berlatih kickboxing dan bersiap kembali ke rumah dengan mengendarai motor saudarinya."Saya ingin menjadi seorang perempuan yang kuat. Setelah saya lulus saya akan kuliah di Amerika, dan bekerja sebagai seorang reporter. Saya merasa masa depan saya akan cerah," kata dia mencerminkan kepercayaan diri.

Happy Reading

Wartawan Bertemu Korban Tsunami Setelah 10 Tahun

  1. Mengharukan sekali ya...
    Dulu masih kecil sekali,sekarang setelah 10 th sudah besar dan tambah cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan,semoga artikel ini bermanfaat and happy reading hee

      Hapus
  2. sosok gadis yg hebat & tegar menghadapi ujian dr Alloh, tetap bersemangat bangkit dr musibah yg menimpanya bisa menjadi contoh yg lain

    BalasHapus
  3. wawww membuat kita lebih termotivasi dalam menjalani hidup

    BalasHapus
  4. Subhanallah...seandainya saat saya kecil seperti kamu blm tentu saya setegar kamu...saya teringat sahabat saya yg hilang saat tsunami ,sedihh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap bersyukur :)
      dan semoga sahabat agan mendapat yang terbaik

      Hapus
  5. bilang aja naksir sama bule ituu..ngarep dikawinin..kemudian dibawa keluar negeri...

    BalasHapus
  6. Terharuuu banget,.. inspirasi bnget,..

    BalasHapus
  7. inspiratif ^_^


    @biancalvya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mbak biancalvya,makasih sudah mau komentar :)

      Hapus
  8. Manjada wajjada..
    Sesungguhnya orang yg bersunguh-sunguh akan sukses..

    BalasHapus
  9. subhanallah, maju acehh!

    BalasHapus
  10. Bukan hanya aceh tapi seluruh Indonesia gan :)
    maju aceh,maju idnonesia :)

    BalasHapus