-->

Peta Dunia Ketika Es Bumi Mencair

peta seluruh dunia saat es telah cair


Disini kalian akan dijelaskan mengenai pencairan es di bumi dan akan di tunjukkan juga peta saat es sudah mencair,mulai dari Asia,Eropa,Amerika,Afrika,dan Australia.

lalu bagaimana keadaan dan peta negara kita Indonesia ? mari kita simak bersama-sama :

Es disekitar kutub utara dan kutub selatan membentuk 10 persen dari seluruh permukaan planet kita, dan bumi diperkirakan berisi lima juta mil kubik air beku – jadi apa yang akan terjadi jika semua es yang ada di bumi mencair?
National Geographic telah menciptakan serangkaian peta interaktif yang menunjukkan bencana apa yang akan terjadi jika semua es yang ada di bumi mencair dan mengalir ke samudera dan lautan.
Pencairan seluruh es yang ada di bumi dapat menyebabkan permukaan air laut naik 65,8 meter, menenggelamkan kota-kota, bahkan negara-negara dan secara drastis mengubah bagaimana benua dan garis pantai terlihat serta memusnahkan seluruh populasi.

Konsentrasi terbesar es di Bumi ditemukan di Greenland dan Antartika tetapi juga ditemukan pada puncak gunung dan di daerah lain.
Yaitu saat zaman Eosen – periode suhu global meningkat yang berlangsung 55,8 ± 0,2 hingga 33,9 ± 0,1 juta tahun yang lalu.
Selama periode waktu ini, sedikit atau tidak ada es hadir di bumi dan hanya ada sedikit perbedaan suhu di khatulistiwa dibandingkan dengan kutub.
Lapisan es di Greenland dan Antartika barat telah menyusut secara signifikan selama Zaman Eosen terakhir dan jika temperatur meningkat dengan cara yang sama lagi, lapisan es di daerah ini bisa menghilang ke laut sepenuhnya.

greenland saat es bumi telah mencair


 National Geographic menjelaskan :
“Jika kita membakar seluruh pasokan batu bara,minyak,gas yang ada di bumi,yang artinya menambahkan sekitar lima triliun ton lebih karbon ke atmosfer, maka kita akan membuat bumi menjadi sangat panas dengan suhu rata-rata 26,6 derajat Celcius, jauh diatas suhu rata-rata saat ini yang hanya 14,4 derajat Celcius. Tingginya Temperatur seperti itu akan menjadi terlalu panas bagi manusia".


Lalu pembahasan terakhir, apa yang terjadi jika semua es di bumi mencair? dan bagaimana keadaan geografisnya? mari kita simak...

Asia :
Di timur, Sebagian Asia termasuk Cina dan Bangladesh akan benar-benar mengalami banjir besar, memusnahkan sekitar 760 juta orang berdasarkan jumlah penduduk pesisir. Penduduk India juga akan berkurang.

keadaan geografis asia saat es mencair



Eropa :
Jika es mencair, seluruh dunia akan terpengaruh. Di Eropa, kota-kota termasuk London dan Venesia akan hilang di bawah air, demikian juga seluruh negara Belanda dan sebagian besar Denmark. Hal ini juga akan menyebabkan laut Mediterania meluas dan membengkakkan laut Hitam dan laut Kaspia.

keadaan geografis eropa saat es mencair



Amerika :
Sedangkan di Amerika Selatan, Amazon Basin dan Paraguay akan menjadi Atlantik inlet dan ini akan menghapus Buenos Aires, Uruguay pesisir, dan beberapa daerah Paraguay.


keadaan geografis amerika saat es mencair



Satu-satunya daerah yang akan bertahan adalah pegunungan yang membentang di sepanjang pantai Karibia dan Amerika Tengah.Benua lainnya juga akan terpengaruh dan tetap mengalami perubahan garis pantai.

Afrika :
Di Afrika, misalnya Mesir, Alexandria dan Kairo akan banjir tapi benua tidak akan kehilangan banyak lahannya jika permukaan laut meningkat. Namun National Geographic mengklaim bahwa meningkatnya temperatur bumi mungkin akan membuat sebagian besar daratan tak dapat dihuni oleh manusia.

keadaan geografis afrika saat es mencair



Australia :
Australia akan mendapatkan laut pedalaman (laut di tengah daratan) yang baru, tapi australia juga akan kehilangan banyak daerah pesisir saat ini, tempat di mana empat dari lima warga Australia tinggal.



Bagaimana Indonesia? Lihatlah Petanya sebagai berikut ini:

keadaan geografis indonesia saat es mencair


Tampak bahwa pesisir timur Sumatera seperti Riau, Jambi dan sebagian Palembang, Lampung akan terendam. Demikian juga sebagian kecil Pesisir barat Sumatera, menyisakan hanya daerah bukit barisan dan yang masih berupa daratan. Demikian Juga pulau Jawa. Jakarta, Semarang, Yogya, Surabaya pun akan tenggelam.

Sebagian besar selatan Kalimantan juga tenggelam bersama dengan sebagian besar selatan pulau Papua. Sulawesi pun akan terputus antara tengah dan utara.

Silakan berkomentar di kotak komentar :)

Peta Dunia Ketika Es Bumi Mencair

  1. Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkomentar,ikuti terus info dan berita unik di blog ini ;)

      Hapus
  2. Semoga tidak akan terjadi

    BalasHapus
  3. Semoga tidak terjadi
    Kalau pun terjadi mndingan israel saja tuh yang tenggelam aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha kita serahkan di tangan Allah gan

      Hapus