-->

Perjalananku Menjadi Lebih Baik,Merubah Semuanya Dari Diri Sendiri

merubah dunia menjadi lebih baik

Wahib,itulah nama saya, nama yang diberikan oleh kedua orang tua saat saya kecil. Nama itu bukanlah nama yang istimewa begitu pula dengan orangnya. Saya hanya orang biasa bahkan lebih buruk dari orang biasanya. Tetapi itu bukanlah akhir segalanya,karena saya tahu setiap orang memiliki kelebihannya dibalik setiap kekurangan yang dimiliki.

Di usia saya yang baru berumur 17 tahun ini,saya telah mengalami banyak hal dalam kehidupan. Kebahagiaan saya artikan sebagai anugerah atas usaha saya,dan kesulitan adalah hal penting yang wajib saya atasi secepatnya. Kenapa kebahagiaan adalah anugerah? karena saya tidak pernah bangga dengan indahnya uang hasil keringat orang tua saya.

Di sini saya ingin menceritakan tokoh-tokoh hebat yang membuat kelemahan saya menjadi sebuah kekuatan. Mereka adalah teman-teman atau orang-orang terdekat yang ada dalam kehidupan saya selama 3 tahun terakhir. Selain itu saya juga akan menyampaikan kata-kata inspiratif tokoh terkenal yang juga menjadi sumber motivasi saya dalam kehidupan.

Kenapa saya menyebutkan 3 tahun terakhir? karena saat ini saya sebagai pelajar SMK negeri di daerah Purwodadi yang hampir lulus dari status pelajar saya,dari sekolah menengah kejuruan inilah saya memulai kehidupan yang jauh berbeda dibandingkan waktu SMP dahulu.

Tokoh pertama,Orang yang Saya Anggap Sempurna

teman dan kakak kelas saya
Sidik Setyawan
Setiap manusia memiliki kelemahan atau kekurangan,saya sangat menyadari hal itu. Tapi dialah orang yang saya anggap banyak memiliki kelebihan. Dengan wajah yang cukup tampan,pintar,dan juga dewasa. Oh ya satu lagi dia juga salah satu pekerja keras dalam memperjuangkan teman-temannya.

Kami(saya dan teman-teman) mengikuti ekstrakulikuler di sekolahan yang disebut "Rohis". Disini tidak ada paksaan dan peraturan ketat seperti ekstrakulikuler lain. Terdengar ekstrakulikuler yang mudah memang .Tapi disinilah bagian tersulit bahkan sangat sulit, setiap anggota harus memiliki kesadaran dan semangat tinggi untuk mengikuti setiap kegiatannya. Ya, Kesadaran Tinggi. Sidik inilah yang selalu berusaha agar teman-teman anggota lain tidak malas menjalani kegiatan-kegiatan di dalamnya.

Pernah beberapa kali mengikuti acara ekstrakulikuler yang hanya diikuti beberapa anggota saja,lalu suatu waktu saya bertanya "kenapa kamu masih semangat mengikuti acara itu?" lalu dia menjawab "Jika saya tidak ikut,nanti teman-teman yang lain juga ikut-ikutan,lebih baik ikut walaupun yang hadir hanya 1 atau 2 anggota saja". Ketika saya sedang malas ikut acara rohis,saya selalu ingat kata-kata itu.

Tokoh Kedua,Yang Dia Tau adalah Bekerja Keras untuk Mencapai Tujuan

orang yang selalu bekerja keras
Ahmad Rifa'i
Namanya adalah Ahmad Rifa'i,atau biasa dipanggil Fi'i. Dia melewati masa-masa sulit dari kecil hingga saat ini,tapi dia selalu menerima apa yang diberikan Tuhan,mungkin masa-masa sulitnya sudah sedikit berkurang berkat kerja kerasnya,sekarang dia bekerja di sebuah perusahaan,dan sekarang dia sudah bisa membeli laptop sendiri.

Ketika kami bertemu sering kali saya bertanya tentang pengalaman hidupnya dan saya belajar dari situ. Perkataannya yang saya ingat adalah "Jika bekerja nanti,lakukan apapun yang kamu bisa,jangan istirahat didalam pekerjaan jika belum waktunya,dan jangan hiraukan teman kerja yang suka malas-malasan,Pak Bos akan menilai sendiri mana karyawan yang baik dan buruk",  "Lakukan semuanya dengan cepat tapi juga tepat,kalo ga bisa cepet ya pelan saja yang penting bener",  "Kerja keras sekarang,nanti hasil kita petik dikemudian hari", dan masih banyak lagi.

Dia seperti tak kenal lelah,mungkin masa-masa sulit membuatnya terbiasa dengan kesulitan yang dihadapi. Ke sawah adalah hal biasa sejak dia kecil bahkan sampai saat ini,saat pulang kerja,terkadang tidak memiliki waktu dengan teman-temannya karena disuruh ke sawah orang tuanya. Sungguh luar biasa.

Tokoh Ketiga,Baginya Kami adalah Hal yang Berharga

orang yang licik tapi cerdas
Rezky Iqbal Anwary
Biasa dipanggil Iqbal,dia orang yang cukup "gila" dalam artian konyol dan humoris,membuat suasana menjadi ramai ketika kami berkumpul. Dulu saya tidak terlalu dekat dengannya tapi saat mendekati kelulusan Iqbal entah kenapa kami semakin dekat bahkan sekarang sangat dekat.Saya banyak belajar darinya,mulai dari hal kecil hingga hal besar,kami terkadang bercerita masalah-masalah pribadi atau sebagai teman curhat.

Dia tipe orang yang melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang,dan memiliki jalan pikiran yang tidak dipikirkan orang lain. Itulah beberapa hal yang menjadikan saya belajar darinya. Kata-katanya yang saya ingat adalah "Mungkin orang yang kamu benci,sebenarnya memiliki sifat yang sama dengan dirimu sendiri" maksudnya ketika kita tidak suka dengan orang lain kita disarankan untuk melihat diri sendiri,mungkin diri kita sendiri juga sama dengannya.

Suatu waktu saya benci dengan orang lain,lalu saya teringat kata-kata itu,saya pun berubah pikiran dari membenci menjadi intropeksi diri,perlahan tapi pasti sikap saya yang saya benci itu mulai bisa saya atasi.
Mungkin itu beberapa teman yang bisa saya ceritakan,Bagi saya mereka adalah orang-orang yang hebat,dan saya tidak membeda-bedakan antara teman satu dengan yang lainnya,semuanya Istimewa untuk saya. Merekalah yang membuat saya bertambah dewasa dan menjalani kehidupan menjadi lebih baik.
Sekarang saya ingin menceritakan kata-kata inspiratif dari tokoh terkenal

Dari Westiminister Abbey
Inilah kata-kata yang harus kalian tau dan pahami,kata-kata dari tokoh jenius ini yang menjadi alasan judul artikel sedemikian rupa :

"Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal,aku bermimpi mengubah dunia ini agar menjadi lebih baik. Seiring bertambahnya usia dan kearifanku,kudapati bahwa dunia tiada menjadi lebih baik. Maka cita-cita itu kupersempit,lalu aku putuskan hanya untuk merubah negeri ku sendiri. Namun tampaknya hasrar itupun tiada membawa hasil,Ketika usiaku semakin senja,dengan semangat yang masih tersisa,kuputuskan untuk merubah keluarga ku sendiri saja,yakni orang-orang yang paling dekat denganku,namun celakanya mereka pun tidak mau berubah! Dan hari ini,sementara aku berbaring menanti ajal,tiba-tiba kusadari : 
Seandainya dulu aku berpikir yang pertama-tama harus kuubah adalah diriku sendiri.Dengan menjadikan diriku sebagai panutan,mungkin aku bisa mengubah keluragaku.Lalu berkat dorongan dan inspirasi dari mereka, bisa jadi aku pun akan mampu memperbaiki negeriku.Kemudian siapa tau tahu,dengan begitu aku bahkan bisa mengubah potret dunia ini!"
Itulah kata-kata yang tertuliskan di batu nisan Westiminister Abbey,kata-kata diatas selalu saya ingat dan menjadikan motivasi agar menjadi lebih baik.Lalu apa hubungannya dengan teman-teman?
Saat SMP saya tidak tertarik dengan positif thingking,motivasi,saya juga pendiam,tidak aktif dikelas,kurang semangat,tak pikir panjang dll, lalu dengan bantuan teman-teman saya berubah menjadi jauh lebih baik dari itu semua.Dan karena itu juga saya mulai mencari kata-kata yang bisa membuat motivasi saya tinggi seperti diatas.


Tapi tetap saja yang terpenting kekuatan untuk menjadi lebih baik dari yang dulu adalah dari sendiri,kata motivasi tak berarti jika kita tak menghiraukan,bukan begitu?

Mari kita ubah diri sendiri menjadi lebih baik  agar semuanya menjadi lebih baik.Bukan hal mudah memang tapi jangan menyerah untuk menjadikan semuanya lebih baik :)

teman-temanku yang menjadi lebih baik
Terima kasih teman-temanku

Lomba Menulis Artikel Blog Periode 1-2015

Perjalananku Menjadi Lebih Baik,Merubah Semuanya Dari Diri Sendiri

  1. Balasan
    1. Hehe makasih mas sudah baca dan komen :)

      Hapus
  2. baguss gan perjalanan nya :D like deh hehee

    BalasHapus
  3. Bagus itu mungkin pak sidik atau mas wahyu bisa di bukukan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antum dll juga mau tak tulis disana tapi nanti kepanjangan

      Hapus
  4. thanks mas, motivasi juga nih buat saya

    BalasHapus