-->

Penyebab Indonesia Jauh Tertinggal Dengan Negara Lain


Kebanyakan pemikiran orang-orang indonesia begini : "bangsa kita lebih buruk dari pada negara-negara lain".Kebanyakan orang di indonesia menggap remeh kemampuan negara kita sendiri,kebanyakan juga menganggap bangsa lain lebih maju dari bangsa kita.

Kenapa begitu? Apakah penyebabnya? inilah alasan kenapa  Indonesia jauh ketinggalan dari Negara-negara lain:

1. Kehilangan teladan

Indonesia membutuhkan pemimpin yang tegas dan bisa menjadi teladan bagi semua warga negara, dahulu kita memiliki Soekarno yang sangat berwibawa sehingga semua perkataannya selalu didengar masyarakat. Begitupun dengan Soeharto terlepas kejahatannya beliau adalah sosok yang tegas sehingga masyarakat cenderung patuh dan penurut.

Jika pemimpin sudah tegas dan disegani rakyat maka otomatis semua masyarakat segan dan menjunjung peraturan dengan baik, tapi saat ini sob lihat sendiri, baik pemimpin, pejabat, jenderal dan petinggi lain tidak ada yang benar-benar bisa mengarahkan sehingga wajar jika Indonesia seperti bangsa besar yang kehilangan induk semangnya.

2. Contoh yang buruk

Masih ada ikatan dengan poin pertama, para petinggi yang harusnya menjadi teladan malah memberikan contoh yang tidak baik misal korupsi dengan tidak bersalah dan menganggapnya musibah, wakil rakyat yang tidak bersahabat dan cenderung mempertunjukkan kekuasaannya. Pelindung masyarakat yang tidak adil, jaksa yang bisa disetir dan berbagai masalah lainnya sehingga masyarakat hidup dalam prasangka, kecurigaan dan ketidakpercayaan.

3. Sistem yang tidak berjalan

Indonesia ini memiliki undang-undang, memiliki hukum, memiliki peraturan namun semua tidak berjalan sob, coba aja deh lihat semua peraturan seperti hanya penghias kertas belaka. Coba kalau semua sistem berjalan dengan baik seperti yang tertuang indah di peraturan pasti tidak akan ada lagi pelanggar, yang lalai, atau merendahkan peraturan. Nah itulah makanya peraturan harus tegak berdiri ke atas berdiri di semua golongan dan pangkat.

4. Kompleksitas yang mudah di adu

Indonesia adalah negara yang kompleks baik dari suku, budaya dan agama. Hal ini sebenarnya bagus sob, namun menjadi berbahaya jika kompleksitas yang dimiliki Indonesia ini mudah diadu. Jadinya semua malah jadi seperti kelompok-kelompok terpisah yang saling curiga tidak lagi menjadi satu kesatuan utuh dalam bingkai negara Indonesia.

Itulah beberapa yang “mungkin” menjadi faktor kenapa peradaban kita tertinggal dari negara tetangga, negara tetangga tidak sekompleks Indonesia sob. Tentu menyatukan banyak kepala dengan berbagai latar belakang akan lebih susah di banding menyatukan beberapa kepala tanpa banyak kompleksitas yang terjadi.

Lalu bagaimana caranya untuk mengembalikan peradaban kita yang memudar,? Caranya kembali seperti dulu,saling mengalah saling cinta jangan lagi mengandalkan emosi salah satu hal kecilnya bisa tuh diterapin dijalan raya dimana sering sekali timbul gesekan akibat keegoisan, mulailah tebar cinta dan cinta kasih.

Penyebab Indonesia Jauh Tertinggal Dengan Negara Lain